Info Sekolah
Minggu, 23 Jun 2024
  • Selamat Datang di MTs Negeri 2 Surakarta | Unggul dalam Mutu, Santun dalam Perilaku
  • Selamat Datang di MTs Negeri 2 Surakarta | Unggul dalam Mutu, Santun dalam Perilaku
30 April 2024

MTs Negeri 2 Surakarta Adakan Kemah Berkarakter di Lapangan Karanglo, Tawangmangu

Sel, 30 April 2024 Dibaca 51x Ekstrakurikuler / Kepanduan / Kesiswaan

Surakarta, MTs Negeri 2 Surakarta melaksanakan kegiatan Kemah Berkarakter di Lapangan Karanglo, Tawangmangu, kamis (2/5/24) hingga sabtu (4/5/24). Berkemah adalah salah satu kegiatan yang dilakukan untuk menikmati keindahan alam. Selain menikmati indahnya alam kegiatan kemah pramuka ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemandirian siswa dan kerjasama sesama anggota kelompok.

Para siswa sedang mengikuti acara api unggun

Gerakan Pramuka adalah sebuah media untuk membina anak bangsa agar menjadi generasi yang bertaqwa, terampil mandiri, berbakat, tangkas, dan bersahaja dalam format kegiatan pendidikan yang menarik dan menyenangkan. Oleh karena itu, upaya dan partisipasi semua pihak diperlukan guna mensukseskan kegiatan perkemahan ini.

Kegiatan terlaksana dengan lancar dan siswa merasa senang karena bisa belajar diluar sekolah. Siswa belajar banyak hal dari kegiatan kemah pramuka, selain bisa mandiri siswa juga belajar tali temali, mendirikan tenda, menyalakan api, dan melaksanakan bakti sosial.

Kemah berkarakter ini diikui oleh seluruh kelas VII, baik program khusus maupun program reguler. Pukul 07.00 siswa berkumpul di Lapangan Makamhaji, Pajang sebagai titik kumpul dan penjemputan oleh bus. Kurang lebih perjalanan ditempuh dalam waktu 1,5 jam karena lokasi berada di kaki Gunung Lawu. Sesampainya di sana, seluruh peserta langsung mendirikan tenda. Siswa kelas 7 dibantu oleh DG dan alumni dalam proses pendirian tenda.

Acara dilanjutkan dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Kepala Madrasah, Bapak H. Syammuji, S.Pd., M.Pd. dalam sambutannya beliau menegaskan bahwa kegiatan ini bukanlah untuk healing melainkan untuk menanamkan karakter pada diri siswa. “Kegiatan kemah ini bertujuan membentuk karakter kalian semua, mulai dari disiplin, bertangggungjawab, bergotong royong, saling membantu, toleransi, dan memupuk jiwa empati dan simpati kalian lewat kegiatan bakti sosial,” ujar Bapak H. Syammuji, S.Pd., M.Pd.

Kegiatan kemah berkarakter dikemas dengan sangat apik dan menyentuh hati seluruh peserta. Mulai dari adanya api unggun, senam pagi, makan bersama, pentas seni, jelajah, pemberian reward, dan ditutup dengan acara bakti sosial. Lewat semua rangkaian kegiatan tersebut diharapkan kemah dapat memberikan pengalaman dan semakin membentuk karakter peserta didik. (Bela)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar