SEKILAS INFO
11-05-2021
  • 11 bulan yang lalu / website baru ini masih dalam tahap proses, info terbaru silahkan cek di website lama: https://mtsn2surakarta.sch.id
  • 11 bulan yang lalu / Belajar yang rajin di rumah, gunakan gadget kalian untuk belajar! karena 6 hari lagi akan dilaksanakan PAT via online
  • 11 bulan yang lalu / Berpuasa 6 hari di bulan syawal maka seperti berpuasa setahun Penuh (HR. Muslim No. 1164)

Madrasah Tsawiyah Negeri (MTsN) 2 Surakarta adalah perubahan nama dari Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) 6 Tahun Surakarta. Sedang PGAN 6 Tahun itu sendiri merupakan perubahan nama dari Madrasah Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, yang berlokasi di Komplek Masjid Agung Surakarta. Berdirinya Madrasah Mamba’ul ‘Ulum dalam sejarahnya, sangat erat kaitannya dengan Politik Konfrontatif antara Pemerintah Keraton Kasunanan Surakarta dengan Politik Penjajahan Belanda.

Pada Tahun 1900 M, Pemerintah Kolonial Belanda secara diam-diam mendirikan beberapa bangunan megah dan besar di Wilayah Kekuasaan Kasunanan Surakarta, seperti : Sekolah HIS – ES Milo, Gereja, Pabrik Gula di Klaten, Rumah Sakit di Jebres dan sebagainya. Menyaksikan berdirinya beberapa bangunan tersebut, Kanjeng Sri Susuhunan Paku Buwono (PB) X tidak tinggal diam, beliau tergugah hatinya dan tertantang untuk mendirikan bangunan serupa. Akhirnya beliau mendirikan Sekolah HIS Kasatrian, Pamardi Putri, Pamardi Siwi, Rumah Sakit di Kadipolo, Pabrik Gula di Pedan Klaten dan Mojo Sragen.

Mengingat Kerajaan Kasunanan Surakarta berdasar atas Asma Dhalem Kanjeng Sinuhun Paku Buwono X Senopati Hing Ngalogo Sayyidin Panatagama Khalifatullah, maka pada Tahun 1908 M beliau mendirikan Madrasah Mamba’ul ‘Ulum di Komplek Masjid Agung Surakarta, dengan tujuan untuk membina dan memberi bekal keagamaan kepada para Abdi Dhalem, Ulama, Khatib, Imam, Penghulu, Hakim dan masyarakat pada umumnya. Pada Tahun 1948, Madrasah Mamba’ul ‘Ulum Surakarta oleh Menteri Agama Republik Indonesia (dulu, Departemen Agama) diubah menjadi Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) 6 Tahun, dengan tujuan untuk mencetak para Guru Agama Islam yang benar-benar mahir dan profesional.

Dalam perkembangan berikutnya, pada Tahun 1978 Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) 6 Tahun oleh Menteri Agama Republik Indonesia dengan Surat Keputusannya Nomor : D/ED/110/1978 Tanggal 8 Juni 1978, diubah lagi menjadi :

  1. Kelas   I  s/d III, menjadi  :   MTsN 2 Surakarta
  2. Kelas IV s/d VI, menjadi :   PGAN 3 tahun.

            Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Surakarta merupakan perubahan nama dari Madrasah Tsanawiyah Negeri Surakarta II berdasarkan Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Nomor 1062 tahun 2018 tentang Kode Indeks Surat Dinas Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah. Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Surakarta yang sekarang ini beralamat di Jalan Transito, Suronalan, Pajang, Laweyan, Surakarta ini mempunyai tiga gedung terpisah.

  1. Gedung utama yang terdiri dari 33 ruang kelas, kantor Tata Usaha, masjid, perpustakaan, ruang CBT dan ruang-ruang pendukung lainnya.
  2. Gedung Asrama Boarding School terdiri dua lantai yang terletak di depan gedung utama.
  3. Gedung utara yang terdiri dua lantai (lantai 1 sebagai ruang ketrampilan dan lantai 2 sebagai ruang laboratorium IPA)

Dalam melaksanakan kegiatan pendidikan, program-program yang dilaksanakan di MTs Negeri 2 Surakarta adalah sebagai berikut :

  1. Program Reguler yang saat ini terdiri dari 18 rombongan belajar dengan masing-masing kelas paralel terdiri 6 rombongan belajar.
  2. Program Khusus/Full Day yang saat ini terdiri dari 15 rombongan belajar dengan masing-masing kelas paralel terdiri 5 rombongan belajar.
  3. Program Asrama/Boarding School dengan peserta didik khusus perempuan saat ini mempunyai santri sebanyak 30 anak.

Arsip

Kategori

Pengumuman

Pengumuman Daftar Siswa Baru Tahun 2017/2018

Pembukaan Pendaftaran Calon Siswa Baru

Pengumuman Libur Panjang Akhir Semester